Sabtu, 22 Desember 2018

Tak Diawali Gempa, BMKG Pastikan Tak Ada Tsunami di Anyer

Cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi. Foto ilustrasi.
  • Cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi. Foto ilustrasi.
ID PRO: Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Serang membantah tegas telah terjadi tsunami di kawasan Pantai Anyer, Banten, pada Sabtu malam, 22 Desember 2018.

Berdasarkan keterangan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG klas 1 Serang, Tarjono, apa yang terjadi malam ini adalah fenomena alam biasa.

"Karena bulan purnama, jadi air permukaan laut naik dan disertai angin kencang atau bisa dibilang rob," katanya.

Menurut Tarjono, kepastian bahwa yang terjadi saat ini bukan tsunami karena tidak terjadi gempa.

Isu yang beredar telah terjadi tsunami memang membuat panik warga Anyer, Carita hingga Labuan, Banten. Namun BMKG menegaskan kalau itu hanyalah gelombang tinggi.

Informasi tsunami cepat beredar karena gelombang menerpa sejumlah hotel yang berada di dekat pantai. Bahkan menurut informasi, air laut bahkan sampai masuk ke kawasan hotel.

Terkait dengan isu ini, BMKG berharap masyarakat tidak mudah percaya akan isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. BMKG meminta warga selalu mengecek kebenaran informasi melalui website resmi BMKG yang selalu diperbaharui.


BACA JUGA: Heboh Foto Longsor di Puncak Sore Ini, BNPB Tegaskan Hoax


Dari pesan yang dikirim BMKG, dipastikan bahwa BMKG tidak mencatat adanya gempa yang menyebabkan tsunami pada malam ini di Banten. Yang terjadi di Anyer dan sekitarnya adalah gelombang air laut pasang. Terlebih ada fenomena bulan purnama yang menyebabkan air laut pasang tinggi.

KLIK DISINI UNTUK SELANJUTNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar